Update atas kasus auto-REG konten 3789 di Indosat

Sebelum menulis kasus tentang auto-REG konten 3789 ini di blog (baca Indosat mengeruk dana pelanggan), saya sudah memutuskan sikap sebagai berikut,

  1. Untuk sementara memberhentikan Indosat sebagai penyedia jasa mobile Internet saya sejak tanggal 15 April 2011, dan memblokir pembayaran tagihan April 2011 (pemakaian Maret 2011) sebesar Rp 110.000 hingga ada penyelesaian yang jelas dari Indosat.
  2. Hanya akan membayar tagihan Mei 2011 (pemakain April 2011) secara prorata sesuai dengan jumlah hari pemakaian Matrix saya yaitu dari tanggal 1 – 16 April 2011, setelah ada penyelesaian yang jelas dari Indosat. (UPDATE 07/05: yang benar adalah 1-16 April, bukan 1-15 April seperti saya tulis sebelumnya).
  3. Selama saya belum menggunakan Matrix kembali, saya menolak beban abonemen bulanan atas kartu Matrix saya, hingga ada penyelesaian yang jelas dari Indosat.
Saya baru akan mempertimbangkan untuk kembali menggunakan kartu Matrix saya jika dan hanya jika,

  1. Pengembalian dana sudah dilakukan.
  2. Ada penjelasan dari Indosat mengenai bagaimana nomor saya terdaftar secara otomatis di layanan 3789.
  3. Ada jaminan tertulis bahwa kejadian REG otomatis seperti ini tidak akan menimpa lagi pengguna Indosat di waktu mendatang. Hanya dengan jaminan ini saya merasa aman untuk menggunakan produk Indosat.

Tanggal 21 April 2011 Indosat, melalui Customer Relationship Matrix VIP (Ibu Ade Windi), telah menghubungi saya dan menyampaikan hal-hal berikut,

  1. Nomor Matrix saya sudah diblokir sejak tanggal 17 April 2011 karena sudah melewati masa tenggang pembayaran (jatuh tempo 9 April 2011). Telepon berikutnya di hari yang sama mengabarkan bahwa blokir atas nomor Matrix saya telah dibuka. Namun saya tetap belum bersedia menggunakan kembali kartu Matrix.
  2. Pihak content provider akan melakukan pengembalian dana sebesar Rp 136.732 (Rp 124.302 + PPN 10%) ke Galeri Indosat tanggal 25 April 2011 dan akan dikonsolidasikan ke tagihan saya bulan berikutnya.

Tanggal 25 April 2011, Ibu Ade Windi dari CRM Indosat kembali menghubungi saya dan manyampaikan hal-hal berikut:

  1. Pihak content provider telah melakukan pengembalian dana ke pihak Indosat sebesar Rp 136.732 yang nantinya akan dikonsolidasikan ke tagihan bulan berikutnya.
  2. Ibu Ade akan menyampaikan ke manajemen Indosat mengenai metode pembayaran prorata sejak saya tidak lagi menggunakan kartu Matrix secara reguler.

Dalam pembicaraan lewat telepon tersebut, saya tetap menuntut dua hal di bawah ini dan Indosat akan berkoordinasi dengan pihak content provider untuk,

  • menjelaskan kenapa bisa terjadi proses REG otomatis yang menimpa pelanggan Indosat.
  • memberikan jaminan tertulis bahwa proses REG otomatis yang menimpa pelanggan Indosat tidak akan terjadi lagi di waktu mendatang

UPDATE
(7  Mei 2011)
Tanggal 27 April 2011
Pak Hariyanto pihak content provider (Elasitas) menelpon saya dan membenarkan bahwa memang ada proses REG otomatis di sistem mereka yang terhubung dengan sistem Indosat. Proses REG otamatis ini terjadi ketika pelanggan mengklik sebuah iklan (menurut Elasitas, proses ini atas sepengetahuan Indosat, tapi belum ada konfirmasi dari pihak Indosat). Saya bilang bahwa hal itu tidak benar karena menjebak pelanggan. Kalaupun seseorang sengaja mengklik iklan, kemungkinan besar karena memang ingin melihat iklan, bukan untuk di-REG secara otomatis. Lagi pula tidak pernah ada informasi mengenai REG otomatis ini.
Saya tetap menuntut penjelasan tertulis via email dari Elasitas mengenai proses REG otomatis ini, serta jaminan bahwa REG otomatis tidak akan terjadi lagi pada pelanggan Indosat. Pak Hariyanto bilang akan mengirim email tersebut dalam waktu 1 minggu. Namun hingga update ini saya tulis, belum ada email dari Elasitas.

Tanggal 3 Mei 2011

Ibu Ade Windi dari CRM Indosat menghubungi saya dan menyampaikan bahwa Indosat menawarkan potongan sebesar Rp 50.000 untuk tagihan April 2011, sebagai respon atas permintaan saya untuk menerapkan perhitungan prorata. Menurut saya ini cukup fair, dan saya terima. Disampaikan juga bahwa nomor Matrix saya untuk sementara akan dibekukan hingga batas waktu 120 hari sambil menunggu informasi dari Elasitas. Saya bisa mengaktifkannya lagi sewaktu-waktu dalam batas waktu tersebut, sebaliknya akan hangus jika sudah melebihi 120 hari. Jadi nomor saya tetap valid namun tidak akan diproses di sistem billing.

10 Tanggapan

  1. kenapa harus di Blokir?

  2. […] Update atas kasus auto-REG konten 3789 di Indosat […]

  3. Gue pernah. Tapi mentari. Males ribet dan lainnya, patahin simcardnya ganti operator. Beres.

  4. waw, om hasan bener2 customer yang sangat gigih :d. salut!

    *untung sdh dah ga kerja di CP lagi :))*

    eh, masih ingat aku ga? iseng2 blogwalking nyasar deh ke blognya gajah depok :d

  5. ini yg bego MENKOMINFO nya, urusan yg ecek2 dipermasalahkan (server Blackberry harus di indonesia lah, konten porno, etc lah), sedangkan urusan yg seperti SMS Premium, yg notabene merampok uang rakyat sendiri, malah dibiarkan..

    Indonasua oh Indonasua…

  6. Saya pun barusan mengalami hal yg sama! Tiba2 saja pulsa saya terpotong Rp. 6.000,- !!!! Teregistrasi layanan “KAMPRET” 3789 ini secara otomatis, tanpa meminta persetujuan atau konfirmasi kepada pelanggan terlebih dahulu. Dan begitu saya tanayakan kepada Customer Service Indosat, informasi yang disampaikan adalah bahwa layanan ini bukan layana resmi dari Indosat. Kalau bukan layanan resmi dari Indosat, mengapa layanan ini dapat mengakses ke nomor2 pelanggan Indosat????!!!?????
    Sungguh merugikan dan mengecewakan!!!!!!!!!!!
    Bahkan untuk berhenti berlangganan pun dikenakan pemotongan pulsa sebesar Rp. 1000,- ! Padahal menurut CS Indosat, hanya dikenakan Rp. 1,- Bagaimana sih Indosat ini???!!!!???? Sungguh pelayanan yang menyebalkan!

  7. Harus telepon ke operator untuk menghentikan, hanya itu caranya.
    Layanan dari 3789 ini memang sudah banyak makan korban, dan registrasi kita lakukan tanpa kita sadari.
    Saya “kejebak” oleh salah satu perusahaan ice cream ternama, Ha*g*n D*sz. Maret 2011, saya makan di tempat tersebut dan ditawarin untuk menjadi member.
    Saya setuju setelah di jelaskan benefit jadi member ice cream tersebut.
    Lalu oleh petugas Ha*g*n D*sz saya diminta untuk melakukan registrasi via SMS untuk menjadi member.
    Tanpa saya sadari, saya telah masuk jebakan, saya pikir ini hanya registrasi biasa, apalagi mengingat Ha*g*n D*sz adalah perusahaan besar yang harus nya punya standard moralitas yang cukup bagus.
    Ternyata setelah registrasi (yang seharusnya untuk menjadi member Ha*g*n D*sz), saya dikirimin terus iformasi dari 3789 (untuk kasus Ha*g*n D*sz, menggunakan prefix dengan keyword: ICE ROCK).
    Ternyata setiap info yang mereka kirim, kadang disertai pertanyaan, di tagihkan ke billing telkomsel saya (2000/sms).

    Jadi WASPADALAH kalau ditawarkan untuk menjadi member dengan registrasi via SMS, walaupun itu dari perusahaan bonafid (moralitas tetap bisa rendah).

  8. Sebagai tambahan informasi, setelah Saya googling di internet, dibawah ini adalah perusahaan penyelenggara layanan SMS premium 3789 yang suka menjebak:

    komplain:
    complains@elasitas.com

    web :
    http://www.ponselplanet.com

    alamat :
    boulevard artha gading blok a6b no 30-31

    jika ingin serius melakukan pengaduan kirim e-mail keluhan anda ke pengaduan@brti.go.id

  9. mas saya tertarik dengan kasunya, kalo boleh ada alamat yang bisa saya hubungin ga? terimakasih.

  10. salam kenal ya.. mampir juga ke blog saya ya.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: