Indosat mengeruk dana pelanggan

 Terhitung sudah 12 hari sejak saya memaparkan kronologis kasus pengerukan dana pelanggan oleh Indosat, namun hingga hari ini belum ada tanggapan berarti dari Indosat. Email tersebut saya tembuskan ke Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) melalui email pengaduan@brti.co.id, juga tidak ada perhatian sama sekali.

Berikut salinan lengkap isi email yang saya kirimkan ke Customer Service Indosat. Harapan saya semoga praktik semacam tidak berlanjut agar tidak merugikan konsumen.

Kepada: PT. Indosat Tbk.
Tembusan: BRTI

Sudah lebih dari 1 minggu sejak email saya yang terakhir, atau lebih dari 3 minggu sejak keluhan pertama kali saya kirimkan melalui http://www.indosat.com/inquiry, belum ada tanda-tanda penyelesaian mengenai kasus saya. Bahkan, saya tidak melihat ada itikad baik dari Indosat sebagai penyedia jasa untuk menyelesaikan kasus yang saya alami.

Saya sudah sampai pada kesimpulan bahwa hak saya sebagai pelanggan/konsumen telah diabaikan, dan Indosat telah lalai dari kewajiban. Hak dan kewajiban pelanggan dan penyedia jasa diatur dalam UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen. Indosat juga melanggar ketentuan yang tertuang di UU No. 36/1999 tentang Telekomunikasi.
Saya menunggu respon Indosat hingga hari Jumat, 8 April 2011 jam 14.00 WIB.
Ada baiknya saya jelaskan secara runut.
  1. Saya berlangganan kartu Matrix nomor 081410058253 sejak September 2008, dalam program Indosat Broadband 3.5G untuk memenuhi kebutuhan saya akan koneksi mobile Internet. Selama ini saya selalu membayar tagihan tepat jumlah dan tepat waktu (bahkan sebelum tanggal jatuh tempo), kecuali (seingat saya) 1-2 kali terlambat karena sedang di luar kota.
  2. Sejak menggunakan smartphone berbasis Android (November 2010), nomor Matrix081410058253 menjadi andalan untuk mendukung aktivitas mobile saya di smartphone. Dan karena kebutuhan utama adalah untuk koneksi data, saya memblokir panggilan dan SMS dari luar.
  3. Sejak Desember 2010, saya dinyatakan terdaftar sebagai pengguna layanan konten 3789, padahal saya tidak pernah melakukan REG dan tidak pernah memberikan konfirmasi berlangganan.
  4. Sejak terdaftar di layanan konten 3789 saya menerima SMS berbayar yang tagihannya dibebankan ke tagihan bulanan Matrix saya. Walaupun saya memblok SMS, SMS tetap masuk dan biaya tetap dikenakan. (terlampir tangkapan layar contoh SMS konten yang masuk ke direktori spam, konten-3789.png).
  5. Ternyata hal ini berlangsung selama tiga bulan, dan selama tiga bulan itu saya mendapatkan beban tambahan untuk membayar biaya langganan yang tidak pernah saya inginkan. Tagihan tersebut total berjumlah Rp 124.302,00 dengan perincian Rp 18.000,00 (Des 2010), Rp 60.000,00 (Jan 2011), dan Rp 46.302,00 (Feb 2011).
  6. Setelah saya telusuri, karena yakin tidak pernah mengirim permintaan REG untuk layanan 3789, saya meyakini bahwa saya telah di-REG secara ILEGAL melalui klik iklan di salah satu aplikasi Android. Sistem Indosat telah memungkinkan hal tersebut terjadi, dan ini sangat merugikan saya dan pelanggan lain yang juga terjebak dengan cara yang sama. Terlampir tangkapan layar dari proses setelah iklan diklik (autoreg-indosat.jpg), serta contoh aplikasi yang memuat iklan jebakan (iklan.jpg)
  7. Baik Indosat dan penyedia content 3789 bisa dianggap bekerja sama dalam mengeruk dana dari pelanggan dengan cara mendaftarkan pelanggan secara tidak sah, tanpa persetujuan pelanggan.
  8. Indosat tidak bisa berkilah bahwa Indosat hanya menyediakan jalur/link SMS, dan tanggung jawab ada pada penyedia content. Pada kenyataannya sistem Indosat lah yang memungkinkan saya terdaftar secara ILEGAL. Jika ini adalah kelemahan atau kebocoran sistem Indosat, kenapa pelanggan yang dirugikan?
  9. Indosat secara tidak sah telah memberika data pelanggan (dalam hal ini nomor Matrix saya) kepada pihak ketiga, langsung atau tidak langsung, sehingga memungkinkan pihak ketiga mendaftarkan nomor saya ke layanan mereka dan mengirimkan konten berbayar ke nomor saya. Baik layanan maupun konten dari pihak ketiga tersebut sama sekali tidak pernah saya kehendaki, tidak pernah saya butuhkan, dan saya sama sekali tidak pernah berinisiatif untuk mendapatkannya.
  10. Saya menolak saran Indosat untuk menghubungi Elasitas sebagai pihak penyedia konten 3789, apalagi untuk pengaduan dan info lebih lanjut. Kenapa? Saya tidak berhubungan langsung dengan Elasitas. Saya menerima SMS melalui jalur Indosat dan ditagih dari sistem billing Indosat. Jika saya menuntut pengembalian dana, saya menuntut Indosat.
Dari uraian di atas, karena Indosat telah memberika data saya (nomor Matrix) ke pihak ketiga, langsung atau tidak langsung, Indosat telah melanggar Pasal 42 UU no. 36/1999: “(1) Penyelenggara jasa telekomunikasi wajib merahasiakan informasi yang dikirim dan atau diterima oleh pelanggan jasa telekomunikasi melalui jaringan telekomunikasi dan atau jasa telekomunikasi yang diselenggarakannya.”

Indosat juga melanggar sejumlah ketentuan di UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen. Disebutkan di Pasal 1 ayat 1: Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen.
  1. Pasal 4 mengenai hak konsumen, yaitu “hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.” Jelas, saya memiliki “hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa”. Dan dalam hal saya merasa dirugikan, dengan fakta-fakta yang ada, saya mempunyai “hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya”.
  2. Pasal 5 menjelaskan kewajiban saya sebagai pelanggan/konsumen. Misalnya “membaca  atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa”. Dalam hal ini, di bagian mana Indosat menjelaskan tentang layanan content 3789. Di bagian mana Indosat menjelaskan bahwa klik iklan di aplikasi Android otomatis terdaftar pada layanan content berbayar? Di bagian mana saya mendapatkan kesempatan untuk konfirmasi?
  3. Lalu saya harus “beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa” dan “membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati”. Di bagian mana saya tidak beritikad baik? Bukankah selama ini saya selalu membayar tagihan sepatutnya, tanpa mengurangi nilai sedikitpun?
  4. Pada saat yang sama, dengan cara Indosat dan pihak ketiga menjerat konsumen untuk berlangganan layanan tanpa pengetahuan konsumen, Indosat telah melanggar Pasal 7 (kewajiban pelaku usaha), yaitu “beritikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya” dan “memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta memberi penjelasan penggunaan, perbaikan, dan pemeliharaan”. Saya tidak pernah menerima penjelasan mengenai layanan 3789, tidak pernah menerima konfirmasi untuk berlangganan, dan tiba-tiba saja saya sudah dianggap berlangganan, dikirimi SMS, dan dibebani biaya.
Saya tidak perlu kompensasi macam-macam atas kerugian lain yang telah saya alami. Dengan ini saya menuntut pengembalian dana sebesar hanya, saya ulangi, HANYA Rp 124.302,00, sesuai dengan biaya layanan konten yang telah saya bayarkan bersama tagihan standar lainnya (abonemen, panggilan keluar, sms keluar).
Dan sekali lagi, saya menunggu respon Indosat hingga hari Jumat, 8 April 2011 jam 14.00 WIB.

Tangkapan layar yang sempat saya rekam berkaitan dengan kasus ini.

Contoh aplikasi yang didukung iklan, jika iklan diklik berpotensi jadi auto-REG

Contoh invokasi URL yang dicurigai melakukan auto-REG setelah klik iklan

Contoh SMS dari konten 3789 di folder SPAM

50 Tanggapan

  1. ijin share kanda, semoga pengalaman ini menjadi pelajaran agar user lain menjadi lebih waspada akan kontent iklan.

  2. weh, ternyata bukan cuma saya yang kena autoreg itu yah :(

    payah ini, ngrasa gak pernah reg tapi tiap hari dpt sms penawaran. pulsa berkurang pula.. beuhhh…

  3. Saya jg mengalami hal yg sama, namun dgn operator 3. Saya tidak sadar sudah berlangganan sgala mcm konten mereka, krn slama ini sim card ada di dlm modem saya. Saya hanya memindahkan ke perangkat HP 1 bln sekali utk pengisian pulsa & memperbarui langganan internet. tiap bulan saya rugi sekitar 30rb, dan sudah berlangsung 4 bln. Sudah protes dan tlp ke CS mrk, tp ttp saja muncul langganan konten yg baru trus…smp akhirnya sy memutuskan utk isi pulsa minimun sebesar harga langganan internetnya aja, jd mrk gak bs tagih hal2 lain ke nomer saya.

    • Sebaiknya diungkapkan saja, dibuka, ditulis, dengan kronologis selengkap mungkin. Semakin banyak pengguna yg tahu, semakin banyak yg sadar, semoga makin mendorong operator untuk lebih memperhatikan kepentingan pelanggan seluler.

    • Bener itu, harunya jangan diam saja. Ya walaupun cuma sekedar kehilangan sekitar 30.000 per bulan tapi tetep aja itu duid, dan kalau ini dialami ratusan ribu orang untung gede juga dia.

  4. Bukan hanya indosat saja tp opelator lain jg

  5. haddeh….kaconya di ?
    mudah2an cepat selesai Oom

  6. BRTI itu sering menjadi macan ompong. Punya kuasa seperti tidak berkuasa. #suram

  7. seng sabar om :)

  8. belum ada jawaban juga dari indosat?

  9. […] minggu terakhir saya mengamati masalah registrasi otomatis yang menimpa Oom Hasant. Beliau terkena registrasi otomatis dari konten provider nakal Elasitas […]

  10. pak, saya share ya.. saya pernah mengalami tapi karena sms tidak saya blok jd langsung saya unreg.. terimakasih atas sharing pak.

  11. *baru baca

  12. Wah harus hati2 ni sekarang, ga boleh sembarangan klik iklan. Telkomsel ada juga ga ya? Soalnya gw pakai telkomsel. Tapi kenapa ga diunreg aja mas, kan di sms nya udah ditulisin caranya?

    • ADA….hati-hati sms content dari Telkomsel….sy jg sering terkena “perampokan pulsa”, berikut adalah nmr2 sms content yg hrs diwaspadai: 9122,9554,9477,9393, dan msh ada beberapa lagi (maaf sy lp)….

  13. ia nich, indosat parrah… masa pas belanja di mall istri gw dapet kartu matrix.. ngomongnya gratis sms… nggak di bilangin persyaratan gni2, langsung diminta ktp aja, tau2 ada tagihan aja perbulan.. kampret tuh indosat… klo mw promo atau apa kasih penjelasan yang sejelas jelasnya dunk, kita tuh konsumen nggak tau apa2, jangan cuman liat untung dapet duit doank…..

  14. indosat anjing

  15. Emang Indosat Anjing setaaaaaannnnnn…..

  16. Kelakukan Indosat Matrix Auto Reg memang merugikan orang banyak, memaksa orang untuk menjadi pelangga, berapa juta orang per/bulan yg terkena Indosat Matrix,

    Kasus yg sy alami, suatu saat Indosat bagi2 kartu Matrix secara cuma-cuma, belum juga sy pakai tuh kartu, eh…………… tiba2 ada tagihan dari indosat, besarannya Rp. 50.000, APAKAH………..!!??

  17. Saya pemegang no INDOSAT hp 085857xxxxxx dari 3 hari terhitung sejak saya menulis artikel ini no saya dikirimi beberapa sms tidak jelas dari 9600 padahal saya tidak pernah registrasi apapun maka pulsa saya yang hari pertama sebesar 15rb hilang sedang dihari ke 3 (hari ini) saya beli pulsa 5 ribu dan tidak sampai 10 menit ada sms serupa dan habislah uang saya padahal pulsa tersebut mau saya pakai untuk melamar pekerjaan malang benar nasibku orang susah di buat tambah susah . Pemerintah mestinya JELI dan menindak tegas bagi para oknum2 disana yang merugikan konsumen.

  18. Saya pun barusan mengalami hal yg sama! Tiba2 saja pulsa saya terpotong Rp. 6.000,- !!!! Teregistrasi layanan “KAMPRET” 3789 ini secara otomatis, tanpa meminta persetujuan atau konfirmasi kepada pelanggan terlebih dahulu. Dan begitu saya tanayakan kepada Customer Service Indosat, informasi yang disampaikan adalah bahwa layanan ini bukan layana resmi dari Indosat. Kalau bukan layanan resmi dari Indosat, mengapa layanan ini dapat mengakses ke nomor2 pelanggan Indosat????!!!?????
    Sungguh merugikan dan mengecewakan!!!!!!!!!!!
    Bahkan untuk berhenti berlangganan pun dikenakan pemotongan pulsa sebesar Rp. 1000,- ! Padahal menurut CS Indosat, hanya dikenakan Rp. 1,- Bagaimana sih Indosat ini???!!!!???? Sungguh pelayanan yang menyebalkan!

  19. Saya pun barusan mengalami hal yg sama! Tiba2 saja pulsa saya terpotong Rp. 6.000,- !!!! Teregistrasi layanan “KAMPRET” 3789 ini secara otomatis, tanpa meminta persetujuan atau konfirmasi kepada pelanggan terlebih dahulu. Dan begitu saya tanyakan kepada Customer Service Indosat, informasi yang disampaikan adalah bahwa layanan ini bukan layanan resmi dari Indosat. Kalau bukan layanan resmi dari Indosat, mengapa layanan ini dapat mengakses ke nomor2 pelanggan Indosat????!!!?????
    Sungguh merugikan dan mengecewakan!!!!!!!!!!!
    Bahkan untuk berhenti berlangganan pun dikenakan pemotongan pulsa sebesar Rp. 1000,- ! Padahal menurut CS Indosat, hanya dikenakan Rp. 1,- Bagaimana sih Indosat ini???!!!!???? Sungguh pelayanan yang menyebalkan!

  20. […] yang sama juga dialami Oom Hasant, seorang kawan di blogger Makassar. Tanpa pernah mendaftar, tahu-tahu dia berlangganan konten […]

  21. Yah itualah kebobrokan pelayanan publik di Indonesia, ngaku2nya melayani masyarakat kenyataannya malah merugikan, bahkan merampok. Untuk itu sebagai konsumen kita musti tegas, kalau kewajiban kita penuhi & kalau memang hak musti kita tuntut.. Tindakan seperti go public mengungkapkan kecurangan2 pihak operator dah jadi hal wajib kalau mau didengar, asal dengan bukti2 yg kuat & cara yg benar.. Semarah apapun kita sebagai pelanggan yg dirugikan, harus tetap mengingat etika.. Jangan sampai karena menngikuti emosi malah berbalik lebih merugikan kita.
    Semoga saran saya bermanfaat, mari kita suarakan hak sebagai konsumen yg dirugikan dg benar, semoga pihak Operator yg nakal akan menyadari bahwa konsumen tidak sebodoh yg mereka anggap..

  22. Indosat sepertinya memang tidak memiliki itikad baik untuk menyelesaikan masalah. Saya pernah pulsa hilang hampir seratus ribu karena kesalahan sistem mereka, tapi waltu saya meminta pengembalian pulsa, csnya malah menggebrak meja di depan saya

  23. saya juga mengalami hal lucu, saya melakukan isi ulang kartu internet M2 sebesar 100 ribu, tapi sudah hampir 1 bulan internet saya tidak bisa diaktifkan. Saya sudah menghubungi pihak customer service dan mereka mengakui dan melihat bahwa no M2 saya sudah melakukan isi ulang sebesar 100 ribu, tapi penyelesaiannya nihil. Sudah 4-5 kali saya melakukan pengaduan, cih sampai sekarang tidak ada perkembangan.

    saya tidak mengerti orang-orang khususnya bagian IT indosat dijakarta itu kerjanya apa? di bayar mahal-mahal tapi ga bisa apa-apa, memalukan.. ini masalah sepele

  24. berdasarkan aturan di permenkominfo no 1 tahun 2009 tentang jasa premium juga ada pak aturannya, bisa bapak masukan juga sebagai dasar hukum.

  25. Ya…bang kadangkala layanan Content provider seringkali meresahkan masyarakat…..dan setiap kali dikomplain selalu ngeless alias mengelak……nggak cuman Indosat…hampir semuanya, saya denger dari banyak teman yang mengeluh dan saya sering bantu mereka untuk mematikan CP tersebut ……….he..he…itung-itung mbantu teman,tapi kalau masalah WP ada kesulitan bantu saya ya bang…..??? kita masih newbie buanget…..

  26. Saya juga kecewa sekali dengan Indosat Matrix setelah kejadian berikut: Pelonjakan pulsa tiba-tiba.Saya Pelanggan Matrix sejak 1998. Saya berada di Hong Kong sejak tgl 29 Desember 2011 sampai 1 Januari 2012. Saya menghidupkan layanan Blackberry sesuai dengan tips roaming internasional yang di berikan di website indosat. Tagihan bulanan setiap tgl 29. Pada tgl 30 Desember saya mengecek status pemakaian masih sebanyak Rp 19.138. Pada tgl 31 Desember saya cek lagi status pemakaian menjadi Rp 234.258. Pada tgl 1 Januari berubah menjadi Rp 888.238. Melihat begitu besarnya lonjakan kenaikan lalu saya matikan data service ketika roaming karena pada hari itu saya akan melanjutkan perjalanan ke Shenzhe,China. Saya berada di Shenzhen hanya dari tgl 1 Januari sore hingga 2 Januari sore lalu saya kembali ke Hong Kong. Setiba di Hong Kong saya langsug mencharge ponsel saya yang sejak jam 12 siang mati kehabisan batere. Setelah cukup baterai saya segera mengecek status pemakaian. Saya sangat kaget melihat angka sebesar Rp 4.262.178 padahal selama di Shenzhen,China saya mematikan data service dan saya tidak pernah melakukan panggilan. Saya hanya menggunalan fasilitas SMS Sebanyak 12 kali. Ini sungguh tidak wajar. Saya bingung mengapa lonjakan begitu besar bisa terjadi dalam sehari tanpa penggunaan yang banyak. Saya merasa tertipu juga karena saya sudah melakukan semua tips roaming internasional yang diberikan di website Indosat.Saya sebagai pelanggan setia Indosat merasa sangat kecewa dan berpikiran untuk pindah ke provider lain.

    • Saya juga mengalami hal yang sama di liburan natal tahun baru 2012 ini, saat saya sedang di Singapore, saya mematikan data service saya, namun saat diinformasikan tagihan saya menjadi 1,2 juta dan tagihan istri saya menjadi 1,8 uta……

      Indosat harusnya bisa lebih pintar dalam memperoleh pendapatan, dan bukan melakukan tindakan yang merugikan konsumen, baik disengaja maupun tidak disengaja…

      • Pa Hendrian,

        Sama seperti yg saya alami bln lalu wkt ke luar negri. Tagihan masih sy abaikan.
        Setelah itu apa tindakan Bpk?Apa Bpk melunasi semua tagihan yg tdk masuk akal itu? Apa yg kira2 akan dilakukan Indosat bila tdk mau melunasinya?

      • Pa Hendrian,

        Sama persis dgn apa yg alami bln lalu wkt ke luar negri. Tagihan melonjak drastis . skrg Tagihannya masih sy abaikan.
        Bgmana dgn Bpk? Setelah itu apa tindakan Bpk?Apa Bpk membayar full tagihan yg tdk benar itu? Apa yg kira2 akan dilakukan Indosat bila tdk mau melunasinya?

    • Bu Lidinia,

      Setelah itu apa tindakan Ibu? Apa Ibu melunasi semua tagihan yg tdk masuk akal itu?

  27. Saya juga mengalami hal yang sama di liburan natal tahun baru 2012 ini, saat saya sedang di Singapore, saya mematikan data service saya, namun saat diinformasikan tagihan saya menjadi 1,2 juta dan tagihan istri saya menjadi 1,8 uta……

    Indosat harusnya bisa lebih pintar dalam memperoleh pendapatan, dan bukan melakukan tindakan yang merugikan konsumen, baik disengaja maupun tidak disengaja….

  28. Saya penguna indosat.. Knpa setelah pake blackberry! Pulsa saya selalu berkurang? Padahal paket layanan sudah saya aktipkan, pernah saya telp ke no layanan 100! Kata operator? Katanya akibat layanan gprs yg terus aktip! Gmna cara solusi nya, agar saya tidak menemui hal seperti di atas berikut? Dan saya tidak kecewa! Tetap mau pakai kartu perdana indosat
    Mohon di cek ini no im3 yang pls nya terus mengurangi 08562244945

  29. tae indosat bwat game gak bisa parahhhhhhhhh asu lah

  30. memang INDOSAT BANGSAT !!!

  31. Memang benar Indosat Matrix bebar2 tdk profesional . Sy mengalami hal yg sama. Lalu apakah bpk mendapatkan uangnya kembali dr Indosat?

  32. waduhhh payah sekali jika memang terkeruk dana pelanggannya, apa mungkin karena sistem error kali ya gan, :d

  33. Sy sudah sangat kecewa dgn indosat. Sy ingin memberi pelajaran pd indosat. Coba bikin grup anti indosat.

  34. Bner, memang indosat bangsat keparat goblok. Barusan aja gw beli pulsa 10 rb, mw tmbah ektra quota d super internet, balesan nya sih “maaf transaksi anda gagal” , tp hey indosat goblok, jngan smbil pulsa gw d rampok goblok …. pulsa gw abis, quota internet ttp nol… dasar bangsattt, gantiiiii operatorrrr

  35. Reblogged this on wasisbaikhati and commented:
    Indosat nangsatttttttttt….!!!

  36. 2016 dan pratik ini masih terjadi. Shame on you indosat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: