Pesta Blogger 2008: Semoga bukan sekedar pesta

Pesta Blogger 2008

Empat atau lima hari yang lalu, saya mendapatkan email konfirmasi pendaftaran Pesta Blogger 2008 (PB08) yang akan dilaksanakan tanggal 22 November 2008. Ya, pendaftaran PB08 memang telah dibuka sejak 28 Oktober 2008 (tapi kok tautannya 2007 ya) bertepatan dengan hari Selasa, eh maksudnya sih Hari Sumpah Pemuda, yang meski bertepatan saya tidak yakin ada hubungannya :D Saya telah mengirim jawaban balik seperti yang disyaratkan, jadi saya sudah resmi terdaftar sebagai peserta, tinggal bawa badan yang tentunya harus dibungkus dengan apa yang disebut pakaian. Eh, tidak cuma itu, tentu saja harus membayar juga uang kontribusi, baru boleh masuk. Email konfirmasi yang saya maksud isinya sebagai berikut,

from    D****** <d******@maverick.co.id>
to    pestablogger08@gmail.com
date    Wed, Oct 29, 2008 at 2:35 PM
subject    Konfirmasi Registrasi Pesta Blogger 2008

Selamat! Anda telah terdaftar sebagai peserta Pesta Blogger 2008. Untuk memastikan kehadiran Anda silahkan kirimkan email kosong ke pestablogger08@gmail.com dengan subject ‘Saya Hadir di PB 08!’. Tetap ikuti informasi terbaru di http://www.pestablogger.com. Untuk kontribusi Rp 50.000 dapat diberikan langsung di meja yang telah disediakan di pintu masuk ketika memasuki Auditorium BPPT pada hari penyelenggaraan Pesta Blogger 2008. Terima kasih, sampai jumpa di Pesta Blogger 2008!

Ini adalah penyelenggaraan pesta blogger yang kedua, setelah tahun lalu, tepatnya 27 Oktober 2007, tanggal yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional. Saya sendiri tidak menghadiri PB 2007 karena alasan yang sangat sederhana: saya tidak tahu-menahu ada perhelatan semacam itu. Maklum, saat itu saya baru mulai menulis blog, dan tidak banyak melihat-lihat sekeliling alias blogwalking. Yah, sebenarnya sampai saat ini saya masih sangat jarang melakukannya, mungkin karena saya memang kurang perhatian, mungkin juga karena saya memang bukan blogger yang serius. Tapi, sepertinya kebiasaan ini harus berubah. Blog sudah menjadi sumber informasi yang penting, seperti halanya media massa. Meskipun pada umumnya blog berisi pengalaman pribadi, tapi justru karena pengalaman pribadi jarang atau hampir tidak pernah didapatkan di media massa utama yang membuat blog memiliki nilai penting.

Selain atas nama pribadi, keikutsertaan saya di PB08 juga sebagai bagian dari kontingen Komunitas Blogger Makassar (Anging Mammiri/AM),  dimana saya menerima kutukan sebagai koordinator kontingen. Sayangnya, penyelenggaraan PB08 ini bentrok dengan acara perayaan ulang tahun ke-2 AM yang akan diadakan tanggal 23 November 2008. Jadi bisa dipastikan bahwa rombongan besar AM yang tadinya sudah siap berangkat ke Jakarta (untuk jadwal awal yang tanggal 25 Oktober 2008) akan tetap di Makassar. AM sebagai komunitas akan diwakili kehadirannya di PB08 oleh anggota-anggotanya yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, dan mungkin juga Bandung.

Ini mungkin bukan hal yang penting, tapi saya tergelitik dengan beberapa hal yang menyangkut PB08 ini, bukan saja soal pengunduran jadwal. Pendaftaran peserta PB08 secara online dilakukan di situs Bubu, dijawab oleh staf Maverick, dan disponsori oleh Departmen Luar Negeri Amerika Serikat. Itu saja, tidak ada tendensi lain. Bagaimanapun ini adalah pesta para blogger, tapi juga kerjasama dengan pihak-pihak lailn — dalam batas-batas tertentu, perlu dijalin. Karena blog, juga blogger, bukan kumpulan entitas yang eksklusif. Seperti kata Enda Nasution, blogger juga bagian dari masyarakat itu sendiri, bukannya terpisah. Semoga saja PB08 bukan sekedar pesta, sehingga tidak perlu memunculkan polemik “blog untuk blogger”, sebagaimana halnya “seni untuk seni” yang pernah muncul beberapa abad silam. Yang pasti, blog tidak mati, dan bukan tren sesaat, apalagi sesat! Salut buat Panitia PB08 atas kerja keras mereka.

Akhirnya saya ucapkan, sampai bertemu di Pesta Blogger!

Blogged with the Flock Browser

Tags: ,

4 Tanggapan

  1. sampai ketemu disana daeng…
    jangan lupa bawa tiket gratisannya..
    sdhma itu daftar saya ces.. hehehe..

  2. semoga smuanya bisa berjalan seperti yg di kehendaki …
    lancar jaya deh ..

  3. makasih daeng :D

  4. hmm…
    pesta nya buat saya sih berkesan daeng, tp hanya utk break out session nya…:))

    thanks a lot yg sudah susah2 jadi korlap daeng..

Tinggalkan Balasan

