Martabak mi instan

Ini adalah variasi olahan mi instan, biasanya yang paling mudah dibuat adalah mi rebus atau mi goreng. Saya juga tidak mengerti kenapa diberi nama martabak. Nama lain yang biasa diberikan adalah pizza mi, yang buat saya lebih masuk akal karena bentuk penyajiannya yang memang mirip. Saya lupa awalnya kapan dan dimana mulai membuatnya, tapi sudah cukup lama, lebih dari lima tahun yang lalu.

Lalu bagaimana membuat martabak mi atau pizza mi ini? Sederhana saja, yang penting siapkan saja bahan-bahannya: satu bungkus mi instan (dua juga boleh), satu butir telor ayam, air secukupnya untuk merebus, dan minyak goreng secukupnya.

Pertama-tama, masak air dalam panci. Setelah air mulai mendidih, masukkan mi. Aduk-aduk selama 2-3 menit sampai cukup matang, lalu tiriskan mi.

Masukkan semua bumbu ke dalam sebuah mangkok. Untuk versi saya, saya tidak memasukkan kecap karena tidak suka kecap, juga saos karena saya tidak suka mencampurkannya. Pecahkan telur ayam dan tuangkan semuanya ke dalam mangkok, lalu campurkan secara merata. Biasanya saya memasukkan potongan-potongan kecil cabe rawit di sini, jika ingin lebih pedas. Bisa juga ditambahkan bahan-bahan lain seperti potongan daun bawang, bebas saja sesuai selera.

Masukkan mi ke dalam campuran telur dan bumbu, aduk-aduk lagi sampai merata. Sementara itu siapkan penggorengan dengan minyak goreng secukupnya.

Masukkan adonan mi ke dalam penggorengan, ratakan, dan atur sedemikian rupa agar berbentuk bundar. Goreng hingga matang, bolak-balik secukupnya seperti sedang menggoreng makanan lainnya.

Setelah matang, pindahkan ke piring. Potong menjadi delapan seperti potongan pizza. Martabak mi alias pizza mi siap dihidangkan dan disantap. Bisa juga ditambahkan saos sebagai pendamping.

Selamat mencoba, dan selamat makan

Blogged with the Flock Browser

5 Tanggapan

  1. mungkin disebut martabak karena dibungkus telor?

    *eh ini saya bingung sendiri sama kalimat saya di atas*

  2. hehe.. dulu sering bikin yg kyk ginian.. lmyn bwt ganjel perut, hihi ;))

  3. Istriku sering buatkan seperti ini…

    But sekarang mesti lebih ati-ati… katanya banyak orang keracunan mie instan… so, liat dulu tanggal kadaluarsanya…

  4. Praktis! Tambahin daging sapi, atau ayam leftover ataw sosis… tambah okeh!

  5. untuk lebih enak lagi, goreng setengah matang, kemudian balik di sisi yg belum digoreng. Pada sisi yang sudah digoreng, olesi saus tiram. kemudian balik lagi. olesi saus tiram disisi yang lain. Bolak-balik lagi hingga martabak matang

    kunjungi blog saya di http://myinspirationofbusiness.blogspot.com, jika anda punya pengalaman bisnis yang unik silahkan posting artikel di alamat blog saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: