Koneksi internasional Speedy terganggu

Dari jam 11 siang (Jumat, 29/02) saya tidak bisa mengakses sejumlah website. Saya tidak tahu apakah ini hanya dengan Speedy atau berlaku umum, mengingat ini bukan hal aneh. Indonesia pernah mengalami gangguan parah karena gempa yang terjadi di Taiwan. Setelah memeriksa koneksi dari laptop ke modem dan tidak ada masalah, saya lalu mencoba koneksi ke server kantor. Dan ternyata tidak ada masalah juga, jadi saya mulai berkesimpulan bahwa mungkin gangguan koneksi internasional terjadi lagi. Saya mulai putus asa. Saya menelpon saluran customer care tapi hanya terdengar nada panggil tanpa ada jawaban sama sekali, dan saya makin pasrah. Selama setahun menggunakan Speedy hanya 1-2 kali saya mengalami gangguan berat pada koneksi.

Sepulang Jumatan saya menyalakan modem kembali. Karena koneksi dalam negeri sepertiniya masih berfungsi, saya mencoba mengakses situs Speedy dan saya memperoleh jawaban yang pasti. Sebuah informasi yang dimuat pada jam 10:09 menyebutkan,

Kami informasikan bahwa pada tanggal 29 Februari 2008 sekitar pukul 04.30 WIB link backbone jalur Jakarta-Batam terputus akibat terkena pekerjaan fly-over di Palembang, sehingga sebagian koneksi internet ke situs luar negeri mengalami gangguan Saat ini gangguan tersebut sedang ditangani dan diharapkan akan selesai diperbaiki dalam waktu dekat.


Jadi sementara ini saya hanya bisa mengakses situs dalam jaringan Speedy Telkom. Iseng-iseng saya membuka situs Komunitas Indonesia Open Source (KIOS), dan di situ terdapat berbagai forum pengguna, salah satunya tentang Speedy sendiri. Dan ternyata sejumlah pengguna sudah melayangkan keluhan dengan kalimatnya masing-masing. Karena ingin berpartisipasi sayapun mendaftarkan di forum menggunakan alamat saya di GMail. Setelah submit, saya diminta memeriksa email karena password dikirim via email. Sial!

Karena belum bisa berpartisipasi saya melanjutkan menyisir KIOS dan membaca forum. Dari salah satu keluhan tentang gangguan Speedy hari ini saya dapat informasi bahwa situs Detik.com masih bisa diakses. Maka saya lalu mengalihkan penyisiran di sana dan sudah terdapat sampai empat berita mengenai gangguan ini. Salah satunya adalah Speedy Putus, Telkom Minta Frekuensi Baru yang dimuat pada jam 14:22 mengutip pernyataan salah seorang pejabat Telkom,

Mengenai sebab terputusnya kabel fiber optik tersebut, hingga saat ini Telkom masih sibuk melakukan penelitian. “Prioritas kami melakukan perbaikan sesegera mungkin, agar komunikasi internet bisa secepatnya pulih,”

Sambil tetap melakukan penyisiran saya mulai membuat tulisan ini secara offline. Saya sedih membaca berita tentang beberapa warnet lumpuh. Mereka hanya menggunakan koneksi Internet melalui Speedy, dan terpaksa kehilangan pelanggan (mudah-mudahan) untuk sementara. Entah sampai kapan gangguan ini bisa diperbaiki. O iya, saya juga bisa membuka situs Wikipedia Indonesia yang di-mirror oleh Detik.com.

Menjelang jam tiga sore, koneksi hampir putus sama sekali (mungkin konsekuensi dari perbaikan). Situs Detik.com dan Speedy serta halaman lain yang saya buka berturut-turut menyajikan pesan “Server not found”. Anehnya, situs KIOS dan Wikipedia masih bisa diakses. Karena sudah merasa malas, saya mematikan modem, meninggalkan laptop, dan beralih ke televisi. Lagi-lagi sial, tidak ada acara yang menarik. Ketika sedang termangu-mangu, suara celotehan anak-anak saya terdengar dan menyadarkan saya dari lamunan. Dan saya menemukan keceriaan saya kembali dengan bercanda dan bermain-main dengan mereka.

Update:

  • Sampai jam 17.30, belum ada juga tanda-tanda koneksi Internet membaik.
  • Jam 17.40 saya baca dari forum KIOS tentang penggunaan proxy 202.134.0.135:8080. Hasilnya? Ada perbaikan sedikit, situs Detik.com dan Speedy bisa diakses lagi. Juga ada info tentang penggunaan DNS 69.111.95.106 dan 69.111.95.107, tapi setelah saya set tidak ada perubahan apapun, dengan atau tanpa proxy di atas.
  • Dicek lagi jam 22:11, koneksi internasional sudah terbuka tapi sangat lambat dan tidak stabil.
  • Dicek lagi beberapa menit lewat tengah malam, semua sudah lancar.

Blogged with Flock

Tags: , , ,

Satu Tanggapan

  1. ada info baru nich bro…layanan speedy prabayar satu kali untuk akses 3 / 3,5 / dan 4 tahun…diiutng itung murah bget…

Tinggalkan Balasan

