Indonesia sudah sangat maju, tapi….

Beberapa tahun yang lalu saya pernah bermimpi tentang kemajuan teknologi negara kita tercinta ini, kalau tidak salah sudah hampir sepuluh tahun yang lalu. Saya sangat terkesan dengan mimpi ini sehingga saya sulit melupakannya. Ceritanya begini…

Ketika keluar dari rumah, saya mendapati kenyataan bahwa komputer bukan lagi barang mewah dan canggih. Komputer dijual secara keliling dan diangkut gerobak, sebagaimana layaknya sayuran atau barang-barang dagangan biasa lainnya. Saya tidak melihat sekitar atau kondisi lainnya, tapi yang pasti saya berkesimpulan bahwa Indonesia sudah sangat maju di bidang teknologi sampai komputer pun dijual dengan cara seperti itu. Tetapi, alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui orang-orang Jepang sudah bermukim di bulan (atau di planet selain bumi), dan mereka sudah berkoloni serta memiliki properti di sana. Sementara hanya segelintir orang Indonesia, yang super kaya, yang pernah berkunjung ke bulan atau planet apapun itu, sebagai wisata.

Setelah terbangun dari mimpi, saya termangu sambil mengingat-ingat kembali mimpi yang baru saja saya alami. Meskipun ketertinggalan kita akan teknologi pada saat sepuluh tahun lalu itu sudah sangat nyata, saya tetap merasa mimpi itu absurd. Baru kemarin saya yakin bahwa mimpi saya sepuluh tahun lalu itu tidaklah absurd. Visualisasinya barangkali agak aneh, tapi tetap saja sebuah kenyataan yang memang demikian adanya.

Kemarin, saya membaca berita di koran tentang peluncuran satelit Jepang yang memungkinkan negara itu mengakses Internet dengan kecepatan lebih dari 1Gbps. Sebelumnya saya sudah pernah membaca bahwa Jepang sedang mengadakan riset untuk mencari pengganti Internet yang ada sekarang, menjadi jauh lebiih cepat, lebih aman, dsb. Tetapi, tetap saja saya termangu. Aspek “lebih cepat” itu ternyata telah diwujudkan lebih cepat dari yang saya sangka. Sementara kecepatan tertinggi yang masih mungkin kita nikmati di Indonesia barangkali belum melebihi 3,5Mbps. Ya, saya hanya bisa termangu, dan saya pun teringat mimpi tukang loak berkeliling jual komputer dalam gerobak.

Blogged with Flock

Tags: , , , ,

Tinggalkan Balasan

